RPP 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                  : MA. Madarijul Huda
Mapel                    : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester   : XI / II
Materi Pokok        : Tanggung Jawabku Terhadap Diriku, Keluargaku dan Masyarakatku.
Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti
B.     Kompetensi Dasar
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.Meyakini surat At Tahrim ayat : 06 dan surat An Nisa’ ayat 36 dan Hadis tentang tanggung jawab.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, toleransi, gotong royong, santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1.Menunjukkan perilaku tanggung jawab pada diri sendiri dan keluarga sebagai implementasi surat At Tahrim ayat : 06, surat an Nisa : 38 dan Hadis tentang tanggung jawab.
2.2.Mempunyai sikap perilaku peduli dan toleransi sebagai implementasi tanggung jawab terhadap masyarakat.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1.Memahami konsep tanggung jawab.
3.2.Mengetahui fakta yang terjadi di masyarakat tentang tanggung jawab.
3.3.Memahami prosedur tanggung jawab yang benar menurut agama.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.
4.1.Menulis surat At Tahrim ayat 06.
4.2.Melafalkan surat At Tahrim ayat 06 sebagai dasar untuk tanggung jawab pada diri sendiri dan keluarga.
4.3.Menulis Surat An Nisa’ ayat 36.
4.4.Melafalkan Surat An Nisa’ ayat 36 sebagai dasar tanggung jawab kepada masyarakat.
4.5.Menulis hadis tentang tanggung jawab.
4.6.Menghafal hadis tentang tanggung jawab.

C.    Indikator
3.1.1.      Menjelaskan pengertian tanggung jawab.
3.1.2.      Menyebutkan macam-macam tanggung jawab.
3.3.1.      Menjelaskan prosedur tanggung jawab yang benar.
4.1.1.      Melafalkan dan menghafalkan Q.S. At Tahrim ayat : 06.
4.1.2.      Menghafalkan makna tekstual Q.S. At Tahrim ayat : 06.
4.1.3.      Mengurai makna kontekstual Q.S. At Tahrim ayat : 06.
4.1.4.      Melafalkan dan menghafalkan Q.S. An Nisa’ ayat 36.
4.1.5.      Menghafalkan makna tekstual Q.S. An Nisa’ ayat 36.
4.1.6.      Mengurai makna kontekstual Q.S. An Nisa’ ayat 36.
4.1.7.      Melafalkan dan menghafalkan hadis tentang tanggung jawab.
4.1.8.      Menghafalkan makna tekstual hadis tentang tanggung jawab.
D.    Tujuan Pembelajaran.
Peserta didik mampu :
1.      Melafalkan Q.S. At Tahrim ayat : 06, Q.S. An Nisa’ ayat 36 dan hadis tentang tanggung jawab.
2.      Menghafal ayat dan makna tekstual Q.S. At Tahrim ayat : 06, Q.S. An-Nisa’ ayat 36 dan hadis tentang tanggung jawab.
3.      Menguraikan makna kontekstual Q.S. At Tahrim ayat : 06, Q.S. An-Nisa’ ayat 36 dan hadis tentang tanggung jawab.
4.      Menjelaskan pengertian tanggung jawab.
5.      Menyebutkan macam-macam tanggung jawab.
6.      Mengaplikasikan tanggung jawab secara prosedural pada diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

E.     Materi Pembelajaran
TANGGUNG JAWABKU TERHADAP DIRIKU, KELUARGAKU DAN MASYARAKATKU

A.    PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu. sehingga bertanggung jawab adalah kewajiban memikul, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Jadi Tanggung Jawab bisa diartikan suatu sikap yang komitmen dalam menjaga amanat yang diberikan.
B.     DALIL TANGGUNG JAWAB
1.      SURAT AT TAHRIM AYAT : 06
يا أيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا وقودها الناس والحجارة عليها ملائكة غلاظ شداد لا يعصون اللَه ما أمرهم ويفعلون ما يؤمرون (التحريم : 6)
Artinya :                                                              
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”(QS. At Tahrim : 6).

KANDUNGAN AYAT :
Mengenai firman Allah subhanahu wa ta’ala,  قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا  “Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka”, Mujahid (Sufyan As-Sauri mengatakan, “Apabila datang kepadamu suatu tafsiran dari Mujahid, hal itu sudah cukup bagimu”) mengatakan : “Bertaqwalah kepada Allah dan berpesanlah kepada keluarga kalian untuk bertaqwa kepada Allah”. Sedangkan Qatadah mengemukakan : “Yakni, hendaklah engkau menyuruh mereka berbuat taat kepada Allah dan mencegah mereka durhaka kepada-Nya. Dan hendaklah engkau menjalankan perintah Allah kepada mereka dan perintahkan mereka untuk menjalankannya, serta membantu mereka dalam menjalankannya. Jika engkau melihat mereka berbuat maksiat kepada Allah, peringatkan dan cegahlah mereka.”
Demikian itu pula yang dikemukakan oleh Adh Dhahhak dan Muqatil bin Hayyan, dimana mereka mengatakan : “Setiap muslim berkewajiban mengajari keluarganya, termasuk kerabat dan budaknya, berbagai hal berkenaan dengan hal-hal yang diwajibkan Allah Ta’ala kepada mereka dan apa yang dilarang-Nya.
2.      SURAT AN NISA’ AYAT 36
واعبدوا اللّه ولا تشركوا به شيئا وبالوالدين إحسانا وبذي القربى واليتامى والْمساكين والجار ذي القربى والجار الجنب والصاحب بالجنب وابن السبيل وما ملكت أيمانكم إن الله لا يحب من كان مختالا فخورا (النساء : 36)
Artinya :
Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan apa yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri (QS An Nisa : 36)
KANDUNGAN AYAT :
Dalam ayat 36 tersebut diatas, Allah menjelaskan kewajiban-kewajiban bagi seorang Muslim yang secara garis besarnya ada tiga macam. Ketiga macam kewajiban tersebut adalah :
1.       Kewajiban kepada Allah, yaitu menyembah dan tidak mempersekutukannya.
2.       Berbuat baik kepada kedua orang tua.
3.       Berbuat baik kepada masyarakat, yaitu kepada keluarga dekat, tetangga dekat dan jauh, kepada orang yang berada dalam perjalanan, dan berbuat baik kepada orang-orang yang berada di bawah tanggungannya.

Dari ayat ini jelas bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak hanya berkewajiban menyembah Allah SWT, akan tetapi ia juga harus memiliki sifat peduli terhadap masyarakat di sekitarnya, sehingga boleh dikatakan bahwa ibadah seseorang tidak akan sempurna bila tidak dibarengi dengan kepedulian terhadap keadaan masyarakat sekitarnya.
3.      HADIS
عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما: أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: ألا كلكم راع وكلكم مسؤول عن رعيته فالإمام الاعظم الذي على الناس راع وهو مسؤول عن رعيته والرجل راع على أهل بيته وهو مسؤول عن رعيته والمرأة راعية على أهل بيت زوجها وولده وهي مسؤولة عنهم وعبد الرجل راع على مال سيده وهو مسؤول عنه ألا فكلكم راع وكلكم مسؤول عن رعيته
Artinya:
"…… Abdullah bin Umar r.a. berkata bahwa Rasulullah saw telah bersabda, “Ketahuilah: kalian semua adalah pemimpin (pemelihara) dan bertanggung jawab terhadap rakyatnya. Pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya tentang rakyat yang dipimmpinnya. Suami adalah pemimpin bagi keluarganya dan akan dimintai pertanggungjawabannya tentang keluarga yang dipimpinnya. Isteri adalah pemelihara rumah suami dan anak-anaknya. Budak adalah pemelihara harta tuannya dan ia bertanggung jawab mengenai hal itu. Maka camkanlah bahwa kalian semua adalah pemimpin dan akan dituntut (diminta pertanggungjawaban) tentang hal yang dipimpinnya” 
C.    MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
1.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran  setiap orang untuk memenuhi kewajibannya  sendiri dalam mengembangkan  kepribadian  sebagai  manusia pribadi. Dengan demikian  bisa memecahkan  masalah-masalah  kemanusiaan  mengenai  dirinya sendiri menurut sifat dasamya  manusia  adalah mahluk bermoral, tetapi manusia juga seorang pribadi. Karena merupakan  seorang  pribadi  maka  manusia  mempunyai pendapat  sendiri, perasaan sendiri angan-angan  sendiri. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan-angan  itu manusia berbuat  dan  bertindak.  Dalam hal ini manusia tidak luput  dari  kesalahan,  kekeliruan,baik yang  disengaja maupun tidak.
2.      Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga  merupakan  masyarakat  kecil. Keluarga  terdiri dari suami, istri, ayah, ibu,  dan anak-anak.  Juga  orang lain yang menjadi  anggota keluarga.  Tiap anggota  keluarga  wajib bertanggung jawab  kepada keluarganya. Tanggung jawab  ini menyangkut  nama baik keluarga, kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.
3.      Tanggung  jawab terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya  manusia  tidak bisa hidup tanpa bantuan  manusia  lain. sesuai dengan kedudukannya   sebagai  mahluk  sosial.  Karena  membutuhkan   manusia  lain  maka  ia  hams berkomunikasi  dengan  manusia  lain  tersebut.  Sehingga  dengan  demikian  manusia di  sini merupakan  anggota masyarakat  yang tentunya mempunyai  mempunyai tanggung jawab  seperti anggota masyarakat  yang lain agar dapat melangsungkan  hidupnya dalam masyarakat  tersebut Wajarlah  apabila segala tingkah laku dan perbuatannya  harus dipertanggung  jawabkan  kepada masyarakat.
4.      Tanggung jawab  kepada  Bangsa / Negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu  adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung  jawab kepada negara.
5.      Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya  manusia mempunyai tanggung jawab Iangsnng ternadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman  Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab sud melalui berbagai macam agama Pelanggaran dari hukuman-hukuman tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah-perintah  Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya  dilakukan manusia ternadap Tuhan sebagai penciptanya,  bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya, manusia perlu pengorbanan.
F.     Metode Pembelajaran
Ceramah,  Contextual Teaching and Learning (CTL), Diskusi.

G.    Media, Alat dan Sumber Belajar.
Media              : Film dan Power Point Pembelajaran.
Alat                 : Lembar Kerja Siswa, folio,  Laptop dan LCD
Sumber            : Buku Pegangan Al Qur’an Hadits, Al Qur’an Terjemah,
                          Tafsir Jalalain dan Internet.


H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Pendidik membuka pelajaran dengan salam dan berdo’a sebelum belajar.
b.      Pendidik memotivasi siswa agar semangat belajar dan meluruskan niat karena Allah.
c.       Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran.
d.      Pendidik memeriksa kelengkapan atribut, kerapian pakaian, dan tempat duduk.
e.       Pendidik membentuk kelompok kecil terdiri dari 4 siswa
f.       Pendidik menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
20 Menit
2.
Kegiatan Inti
a.       Mengamati
1.      Siswa membaca buku panduan pelajaran tentang materi tanggung jawab.
2.      Siswa menyimak dan mendengarkan materi tanggung jawab yang disampaikan oleh pendidik.
3.      Siswa melihat film tentang hikmah tanggung jawab.
b.      Menanya
1.      Pendidik memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk menanyakan materi tanggung jawab yang telah diamati.
c.       Mengumpulkan Informasi
1.      Siswa dibuat memperhatikan penjelasan pendidik tentang tanggung jawab dan macam-macamnya serta yang berhubungan dengannya
2.      Siswa menghafal ayat atau hadis serta makna tekstual tentang tanggung jawab.
3.      Siswa mencari informasi lain tentang pentingnya tanggung jawab.
4.      Siswa mencari contoh konkret tentang tanggung jawab
d.      Mengasosiasi (mengolah informasi)
1.      Siswa membuat ringkasan tentang materi yang telah diceramahkan pendidik dengan diskusi kelompok.
2.      Siswa menuliskan dalil tanggung jawab yang ada di buku pegangan dan mencari dalil lain yang berhubungan dengan tanggung jawab.
3.      Siswa menerapkan makna kontekstual pada ayat yang menjelaskan tentang tanggung jawab.
4.      Siswa merumuskan hasil diskusi dengan kelompoknya.
e.       Mengkomunikasi
1.      Secara perwakilan, siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
2.      Siswa menempelkan hasil diskusinya di papan kreatifitas siswa.
50 Menit
3.
Kegiatan Penutup
a.       Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
b.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok bagi peserta didik.
c.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya agar dipakai acuan belajar siswa.
d.      Berdoa bersama-sama agar apa yang telah dilakukan mendapat manfa’at.
e.       Mengucapkan salam sebelum meninggalkan kelas.
10 Menit



I.       Penilaian
a.      Penilaian Kognitif
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian dan macam-macam tanggung jawab
§  Siswa dapat  menguraikan makna secara kontekstual
§  Siswa mempunyai pengalaman tentang salah satu kejadian tanggung jawab di masyarakat
Tes




Tes lisan



Penugasan
Uraian




Uraian



Uraian di lampiran folio
§  Jelaskan apa yang dimaksud dengan tanggung jawab dan sebutkan macam-macamnya?

§  Terangkan makna yang terkandung dalam surat At Tahrim ayat 06

§  Amatilah kemudian tulislah hal-hal yang berhubungan dengan tanggung jawab di masyarakatmu.














Contoh Instrumen
Nilai
KB
B
SB
1.      Siswa mampu aktif dalam kegiatan pembelajaran



2.      Siswa mempunyai sikap kerja sama dalam kegiatan kelompok



3.      Siswa mempunyai sikap yang toleran terhadap proses pemecahan masalah, mempunyai jawaban yang berbeda dan kreatif.



4.      Siswa mampu mengaplikasikan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari



J/ Penilaian Afektif













K. Penilaian Psikomotorik

Contoh Ketrampilan
Nilai
KT
T
ST
1.      Melafalkan ayat dengan fasih dan makhroj yang benar



2.      Menghafalkan surat At Tahrim ayat 06



3.      Menghafalkan makna tekstual ayat tersebut


















Mengetahui,
Kepala Madrasah                                         Guru Pengampu


DR. KH. Amin Murtafi’an, M.Pd.I            Moh. Kun Muhandis, S.Pd.I
NIP : 1659767066126549                              NIP : ......................................

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP 2013"

Post a Comment

Silahkan komentar dengan baik