RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Nama
Sekolah/Madrasah : Madrasah Aliyah Madarijul Huda
Mata
Pelajaran : Akhlak Peminatan
Kelas/Smt : XII / Ganjil
Materi
Pokok : Tasawuf dalam Islam
Alokasi
Waktu : 2x45 Menit
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI-1
: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
: Mengembangkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama,
cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa
KI-3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI-4: Mengolah ,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
1.2. Menghayati
nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari –hari, dengan
indikator :
·
Meyakini
bahwa nilai tasawuf sebagai sarana untuk membersihkan hati manusia.
2.2.
Membiasakan penerapan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-hari, dengan indikator :
·
Mengaplikasikan
nilai-nilai tasawuf dalam kegiatan di sekolah
3.2.
Menganalisis
problematika masyarakat modern, relevansi dan peranan tasawuf dalam kehidupan
modern, dengan indikator sebagai berikut :
1. Menjelaskan problematika
masyarakat modern
2. Menjelaskan relevansi
tasawuf dalam kehidupan modern
3. Menganalisis peranan
tasawuf dalam kehidupan modern
4.2.
Menceritakan
problematika masyarakat modern, relevansi dan peranan tasawuf dalam kehidupan
modern, dengan indikator :
·
Mempraktekan
problematika masyarakat modern seperti gaya hidup dan kehidupan bermasyarakat
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan siswa dapat :
1. Meyakini bahwa nilai tasawuf sebagai sarana untuk
membersihkan hati manusia.
2. Mengaplikasikan nilai-nilai tasawuf dalam kegiatan di
sekolah
3. Menjelaskan problematika
masyarakat modern
4. Menjelaskan relevansi
tasawuf dalam kehidupan modern
5. Menganalisis peranan
tasawuf dalam kehidupan modern
6. Mempraktekan problematika
masyarakat modern
D.
Materi
Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.
Pengertian Masyarakat Modern.
2.
Perilaku Masyarakat Modern
3.
Problematika Masyarakat Modern
4.
Pengertian Tasawuf.
5.
Macam-macam Tasawuf.
6.
Peranan Tasawuf dalam Masyarakat Modern.
E.
Metode
Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang siswa menjadi moderator, seorang menjadi
notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok
mempresentasikan kesimpulan di depan kelas.
2. Tanya
jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan
materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama
teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan
jawabanya didepan kelas.
3. Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh
siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang
pengertian, kedudukan, sejarah dan macam-macam Tasawuf, kemudian meresume dan
memberikan komentar seperlunya.
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Gambar tentang kehidupan para sahabat Nabi yang mencerminkan kehidupan yang
sederhana seperti zuhud, sabar, tawakal, wara’, ridla dan taubat.
2. Alat/Bahan
-
Laptop, LCD Proyektor, Slide
3.
Sumber Belajar
·
Buku
Pedoman Guru Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·
Buku
Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·
Al-Qur’an
dan Terjamahanya
·
Buku
penunjang lainnya yang relevan
·
Media
cetak dan elektronik sesuai materi.
·
Lingkungan
sekitar yang mendukung
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1) Mengajak semua siswa untuk berdoa yang
dipimpin oleh salah satu siswa
|
|
|
2) Mengkondisikan kelas dan mengkomunikasikan tentang
kehadiran siswa
serta kebersihan kelas
|
|
|
3) Apersepsi mengenai materi yang telah diajarkan pada
pertemuan sebelumnya
|
|
|
4) Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan
dipelajari dan kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
5) Memotivasi siswa jika pelajaran ini dikuasai, maka
siswa dapat memahami tentang Tasawuf dan Masyarakat Modern
|
|
|
6) Guru mengajak
siswa untuk menentukan metode dan membagi kelompok
|
|
Kegiatan Inti
|
65’
|
|
|
1)
Mengamati
Guru membagi kelas
menjadi enam kelompok dan
mempersilahkan siswa untuk mengamati gambar sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
|
|
|
2)
Menanya
Siswa disilahkan bertanya atau memberi komentar pada teman lain atau
bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi
pembelajaran.
|
|
|
3)
Mengeksplorasi/mengumpulkan
data/mengeksperimen
Masing-masing
kelompok membaca materi atau
mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan
isi materi yang sudah didapatkan
|
|
|
4)
Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi
yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan
menyimpulkannya
|
|
|
5)
Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan
memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan
|
|
Kegiatan Menutup
|
15’
|
|
|
1) Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
|
|
|
2) Guru memberikan penguatan materi ajar
|
|
|
3) Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan
sesuai materi ajar “Tasawuf dalam Islam”
|
|
|
4) Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup.
|
|
H.
Penilaian
PEDOMAN
OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta
didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi
|
||||
4
|
Menyatakan kalimat thoyyibah atas kebesaran Allah
|
||||
5
|
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar
|
||||
Jumlah
Skor
|
LEMBAR
PENILAIAN DIRI SIKAP …………..
Nama Peserta Didik :………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
berilah
tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan
ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan
menyebutkan sumbernya
|
||||
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika
menemukan barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya
dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat
jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL =
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
•
SR =
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
•
KD =
Kadang-kadang, apabila kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan sesuai pernyataan
LEMBAR
PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK SIKAP …………….
(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai :
………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah
Skor
|
LEMBAR
PENILAIAN KOGNITIF
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik
dalam:
a.
Pengamatan.
• Diskusi.
No.
|
Nama
siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
Maks.
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
dan rubrik penilaian:
1. Kejelasan
dan kedalaman informasi.
a. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan
dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 0.6
b. Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 0.4
c. Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi
kurang lengkap, skor 0.2
2. Keaktifan
dalam diskusi.
a. Jika kelompok tersebut berperan sangat
aktif dalam diskusi, skor 0.6 b. Jika
kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 0.4
b. Jika
kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 0.2
3. Kejelasan
dan kerapian presentasi.
a. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
dengan sangat jelas dan rapi, skor 0.6
b. Jika
kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi,skor
0.4
c. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
dengan jelas dan kurang rapi, skor 0.2
b. Kolom
“Ayo Berlatih”:
1. Kolom
pilihan ganda dan uraian.
Skor
penilaian sebagai berikut:
1)
Pilihan
ganda : jumlah jawaban benar x 0.1 (maksimal 10 x0.1 =1).
2)
Uraian
berupa pilihan ganda 10 dan uraian 5
2. Tugas
Skor
penilaian sebagai berikut:
a. Jika peserta didik dapat mengumpulkan
tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta
alasannya benar, nilai 1.0
b. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
setelahwaktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar,
nilai 0.8
c. Jika
peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku
yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 0.6
LEMBAR
PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas :
............................
Nama :
............................
Topik :
..........................
No
|
Materi Yang Harus Dikuasai
|
Aspek Penilaian
|
Keterangan
|
|
Lancar
|
Kebenaran
|
|||
1
|
Menceritakan sejarah Tasawuf
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
Pedoman penskoran :
•
5 = sangat baik
•
4 = baik
•
3 = cukup
•
2 = kurang
Mengetahui,
Kepala
Madrasah,
H. Zainul Wafa, S.Pd.I
NIP.
|
|
Kembang,
Juli 2016
Guru
Mapel
Mohammad Kun Muhandis, S.Pd.
NIP.
|
0 Response to "RPP Peminatan Akhlak Kelas XII Agama"
Post a Comment
Silahkan komentar dengan baik