RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: MA. Madarijul Huda
Mapel
: Al
Qur’an Hadits
Kelas
/ Semester : XI / II
Materi
Pokok : Tanggung Jawabku
Terhadap Diriku, Keluargaku dan Masyarakatku.
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
|
B. Kompetensi Dasar
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1.Meyakini surat At Tahrim ayat : 06 dan
surat An Nisa’ ayat 36 dan Hadis tentang tanggung
jawab.
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, toleransi, gotong royong, santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1.Menunjukkan perilaku tanggung jawab
pada diri sendiri dan keluarga sebagai implementasi surat At Tahrim ayat : 06, surat an Nisa : 38 dan Hadis tentang tanggung jawab.
2.2.Mempunyai sikap perilaku peduli dan
toleransi sebagai implementasi tanggung jawab terhadap masyarakat.
|
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
3.1.Memahami konsep tanggung jawab.
3.2.Mengetahui fakta yang terjadi di
masyarakat tentang tanggung jawab.
3.3.Memahami prosedur tanggung jawab yang
benar menurut agama.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang / teori.
|
4.1.Menulis surat At Tahrim ayat 06.
4.2.Melafalkan surat At Tahrim ayat 06
sebagai dasar untuk tanggung jawab pada diri sendiri dan keluarga.
4.3.Menulis Surat An Nisa’ ayat 36.
4.4.Melafalkan Surat An Nisa’ ayat 36
sebagai dasar tanggung jawab kepada masyarakat.
4.5.Menulis hadis tentang tanggung jawab.
4.6.Menghafal hadis tentang tanggung jawab.
|
C. Indikator
3.1.1. Menjelaskan pengertian tanggung jawab.
3.1.2. Menyebutkan macam-macam tanggung jawab.
3.3.1. Menjelaskan prosedur tanggung jawab yang
benar.
4.1.1. Melafalkan dan menghafalkan Q.S. At Tahrim ayat :
06.
4.1.2. Menghafalkan makna tekstual Q.S. At
Tahrim ayat : 06.
4.1.3. Mengurai makna kontekstual Q.S. At
Tahrim ayat : 06.
4.1.4. Melafalkan dan
menghafalkan Q.S. An Nisa’ ayat 36.
4.1.5. Menghafalkan makna tekstual Q.S. An
Nisa’ ayat 36.
4.1.6. Mengurai makna kontekstual Q.S. An Nisa’
ayat 36.
4.1.7. Melafalkan dan
menghafalkan hadis tentang tanggung jawab.
4.1.8. Menghafalkan makna tekstual hadis
tentang tanggung jawab.
D. Tujuan Pembelajaran.
Peserta
didik mampu :
1. Melafalkan Q.S. At Tahrim ayat : 06,
Q.S. An Nisa’ ayat 36 dan hadis tentang tanggung jawab.
2. Menghafal ayat dan makna tekstual Q.S.
At Tahrim ayat : 06, Q.S. An-Nisa’ ayat 36 dan hadis tentang tanggung jawab.
3. Menguraikan makna kontekstual Q.S. At
Tahrim ayat : 06, Q.S. An-Nisa’ ayat 36 dan hadis tentang tanggung jawab.
4. Menjelaskan pengertian tanggung jawab.
5. Menyebutkan macam-macam tanggung jawab.
6. Mengaplikasikan tanggung jawab secara prosedural pada diri
sendiri, keluarga dan masyarakat.
E. Materi Pembelajaran
TANGGUNG JAWABKU TERHADAP
DIRIKU, KELUARGAKU DAN MASYARAKATKU
A.
PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung
jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung
segala sesuatu. sehingga bertanggung jawab adalah kewajiban memikul, menanggung
segala sesuatunya, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Jadi
Tanggung Jawab bisa diartikan suatu sikap yang komitmen dalam menjaga amanat
yang diberikan.
B.
DALIL TANGGUNG JAWAB
1.
SURAT AT TAHRIM AYAT : 06
يا أيها الذين
آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا وقودها الناس والحجارة عليها ملائكة غلاظ شداد لا
يعصون اللَه ما أمرهم ويفعلون ما يؤمرون (التحريم : 6)
Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman,
peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah
manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang
tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan
selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”(QS. At Tahrim : 6).
KANDUNGAN AYAT
:
Mengenai firman
Allah subhanahu wa ta’ala, قُوا
أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا
“Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka”, Mujahid (Sufyan As-Sauri
mengatakan, “Apabila datang kepadamu suatu tafsiran dari Mujahid, hal itu sudah
cukup bagimu”) mengatakan : “Bertaqwalah kepada Allah dan berpesanlah kepada
keluarga kalian untuk bertaqwa kepada Allah”. Sedangkan Qatadah mengemukakan :
“Yakni, hendaklah engkau menyuruh mereka berbuat taat kepada Allah dan mencegah
mereka durhaka kepada-Nya. Dan hendaklah engkau menjalankan perintah Allah
kepada mereka dan perintahkan mereka untuk menjalankannya, serta membantu
mereka dalam menjalankannya. Jika engkau melihat mereka berbuat maksiat kepada
Allah, peringatkan dan cegahlah mereka.”
Demikian itu
pula yang dikemukakan oleh Adh Dhahhak dan Muqatil bin Hayyan, dimana mereka
mengatakan : “Setiap muslim berkewajiban mengajari keluarganya, termasuk
kerabat dan budaknya, berbagai hal berkenaan dengan hal-hal yang diwajibkan
Allah Ta’ala kepada mereka dan apa yang dilarang-Nya.
2.
SURAT AN NISA’ AYAT 36
واعبدوا
اللّه ولا تشركوا به شيئا وبالوالدين إحسانا وبذي القربى واليتامى والْمساكين
والجار ذي القربى والجار الجنب والصاحب بالجنب وابن السبيل وما ملكت أيمانكم إن
الله لا يحب من كان مختالا فخورا (النساء : 36)
Artinya :
Sembahlah Allah dan
janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah
kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang
miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan apa
yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong
dan membanggakan diri (QS An Nisa :
36)
KANDUNGAN
AYAT :
Dalam ayat 36 tersebut
diatas, Allah menjelaskan kewajiban-kewajiban bagi seorang Muslim yang secara
garis besarnya ada tiga macam. Ketiga macam kewajiban tersebut adalah :
1.
Kewajiban
kepada Allah, yaitu menyembah dan tidak mempersekutukannya.
2.
Berbuat baik kepada kedua orang tua.
3.
Berbuat baik kepada masyarakat, yaitu kepada keluarga dekat, tetangga dekat
dan jauh, kepada orang yang berada dalam perjalanan, dan berbuat baik kepada
orang-orang yang berada di bawah tanggungannya.
Dari ayat ini jelas bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak hanya berkewajiban menyembah Allah SWT, akan tetapi ia juga harus memiliki sifat peduli terhadap masyarakat di sekitarnya, sehingga boleh dikatakan bahwa ibadah seseorang tidak akan sempurna bila tidak dibarengi dengan kepedulian terhadap keadaan masyarakat sekitarnya.
3.
HADIS
عن عبد الله
بن عمر رضي الله عنهما: أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: ألا كلكم راع
وكلكم مسؤول عن رعيته فالإمام الاعظم الذي على الناس راع وهو مسؤول عن رعيته
والرجل راع على أهل بيته وهو مسؤول عن رعيته والمرأة راعية على أهل بيت زوجها
وولده وهي مسؤولة عنهم وعبد الرجل راع على مال سيده وهو مسؤول عنه ألا فكلكم راع
وكلكم مسؤول عن رعيته
Artinya:
"…… Abdullah bin Umar r.a. berkata bahwa
Rasulullah saw telah bersabda, “Ketahuilah: kalian semua adalah pemimpin
(pemelihara) dan bertanggung jawab terhadap rakyatnya. Pemimpin akan dimintai
pertanggungjawabannya tentang rakyat yang dipimmpinnya. Suami adalah pemimpin
bagi keluarganya dan akan dimintai pertanggungjawabannya tentang keluarga yang
dipimpinnya. Isteri adalah pemelihara rumah suami dan anak-anaknya. Budak
adalah pemelihara harta tuannya dan ia bertanggung jawab mengenai hal itu. Maka
camkanlah bahwa kalian semua adalah pemimpin dan akan dituntut (diminta
pertanggungjawaban) tentang hal yang dipimpinnya”
C.
MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
1.
Tanggung jawab terhadap
diri sendiri
Tanggung jawab
terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi
kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian
sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan
masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurut
sifat dasamya manusia adalah mahluk bermoral, tetapi manusia juga
seorang pribadi. Karena merupakan seorang pribadi maka
manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri
angan-angan sendiri. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan
angan-angan itu manusia berbuat dan bertindak. Dalam
hal ini manusia tidak luput dari kesalahan, kekeliruan,baik
yang disengaja maupun tidak.
2.
Tanggung jawab terhadap
keluarga
Keluarga merupakan
masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami, istri, ayah,
ibu, dan anak-anak. Juga orang lain yang menjadi
anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung
jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama
baik keluarga, kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.
3.
Tanggung jawab
terhadap Masyarakat
Pada
hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan
manusia lain. sesuai dengan kedudukannya sebagai
mahluk sosial. Karena membutuhkan manusia
lain maka ia hams berkomunikasi dengan
manusia lain tersebut. Sehingga dengan
demikian manusia di sini merupakan anggota masyarakat
yang tentunya mempunyai mempunyai tanggung jawab seperti anggota
masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam
masyarakat tersebut Wajarlah apabila segala tingkah laku dan
perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
4.
Tanggung jawab
kepada Bangsa / Negara
Suatu kenyataan
lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara.
Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh
norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat
berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus
bertanggung jawab kepada negara.
5.
Tanggung jawab terhadap
Tuhan
Tuhan menciptakan
manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi
kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab Iangsnng ternadap Tuhan.
Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan
yang dituangkan dalam berbagai kitab sud melalui berbagai macam agama
Pelanggaran dari hukuman-hukuman tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan
dan jika dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan
maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan
perintah-perintah Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang
seharusnya dilakukan manusia ternadap Tuhan sebagai penciptanya,
bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya, manusia perlu pengorbanan.
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, Contextual Teaching and Learning (CTL), Diskusi.
G. Media, Alat dan Sumber Belajar.
Media
: Film dan Power Point
Pembelajaran.
Alat
: Lembar Kerja Siswa,
folio, Laptop dan LCD
Sumber :
Buku Pegangan Al Qur’an Hadits, Al Qur’an Terjemah,
Tafsir Jalalain dan Internet.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Pendidik membuka pelajaran dengan
salam dan berdo’a sebelum belajar.
b. Pendidik memotivasi siswa agar
semangat belajar dan meluruskan niat karena Allah.
c. Memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran.
d. Pendidik memeriksa kelengkapan
atribut, kerapian pakaian, dan tempat duduk.
e. Pendidik membentuk kelompok kecil
terdiri dari 4 siswa
f. Pendidik menyampaikan kompetensi dasar
dan tujuan yang akan dicapai.
|
20 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1. Siswa membaca buku panduan pelajaran
tentang materi tanggung jawab.
2. Siswa menyimak dan mendengarkan materi
tanggung jawab yang disampaikan oleh pendidik.
3. Siswa melihat film tentang hikmah
tanggung jawab.
b. Menanya
1. Pendidik memberikan rangsangan kepada
peserta didik untuk menanyakan materi tanggung jawab yang telah diamati.
c. Mengumpulkan Informasi
1. Siswa dibuat memperhatikan penjelasan
pendidik tentang tanggung jawab dan macam-macamnya serta yang berhubungan
dengannya
2. Siswa menghafal ayat atau hadis serta
makna tekstual tentang tanggung jawab.
3. Siswa mencari informasi lain tentang
pentingnya tanggung jawab.
4. Siswa mencari contoh konkret tentang
tanggung jawab
d. Mengasosiasi (mengolah informasi)
1. Siswa membuat ringkasan tentang materi
yang telah diceramahkan pendidik dengan diskusi kelompok.
2. Siswa menuliskan dalil tanggung jawab
yang ada di buku pegangan dan mencari dalil lain yang berhubungan dengan
tanggung jawab.
3. Siswa menerapkan makna kontekstual
pada ayat yang menjelaskan tentang tanggung jawab.
4. Siswa merumuskan hasil diskusi dengan
kelompoknya.
e. Mengkomunikasi
1. Secara perwakilan, siswa
mempresentasikan hasil diskusinya.
2. Siswa menempelkan hasil diskusinya di
papan kreatifitas siswa.
|
50 Menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
a. Melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok bagi peserta
didik.
c. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan selanjutnya agar dipakai acuan belajar siswa.
d. Berdoa bersama-sama agar apa yang
telah dilakukan mendapat manfa’at.
e. Mengucapkan salam sebelum meninggalkan
kelas.
|
10 Menit
|
I. Penilaian
a. Penilaian Kognitif
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
menjelaskan pengertian dan macam-macam tanggung jawab
§ Siswa dapat menguraikan makna secara kontekstual
§ Siswa mempunyai
pengalaman tentang salah satu kejadian tanggung jawab di masyarakat
|
Tes
Tes lisan
Penugasan
|
Uraian
Uraian
Uraian di lampiran folio
|
§
Jelaskan apa yang dimaksud dengan tanggung jawab dan sebutkan macam-macamnya?
§
Terangkan
makna yang terkandung dalam surat At Tahrim ayat 06
§
Amatilah
kemudian tulislah hal-hal yang berhubungan dengan tanggung jawab di
masyarakatmu.
|
Contoh Instrumen
|
Nilai
|
||
KB
|
B
|
SB
|
|
1. Siswa mampu aktif dalam kegiatan
pembelajaran
|
|||
2. Siswa mempunyai sikap kerja sama dalam
kegiatan kelompok
|
|||
3. Siswa mempunyai sikap yang toleran
terhadap proses pemecahan masalah, mempunyai jawaban yang berbeda dan
kreatif.
|
|||
4. Siswa mampu mengaplikasikan sikap
tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
|
J/ Penilaian
Afektif
K. Penilaian Psikomotorik
Contoh
Ketrampilan
|
Nilai
|
||
KT
|
T
|
ST
|
|
1. Melafalkan ayat dengan fasih dan
makhroj yang benar
|
|||
2. Menghafalkan surat At Tahrim ayat 06
|
|||
3. Menghafalkan makna tekstual ayat
tersebut
|
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Pengampu
DR.
KH. Amin Murtafi’an, M.Pd.I Moh. Kun Muhandis, S.Pd.I
NIP
: 1659767066126549 NIP
: ......................................
0 Response to "RPP 2013"
Post a Comment
Silahkan komentar dengan baik