Satuan Pendidikan : Madrasah
Aliyah MADARIJUL HUDA
Mata Pelajaran :
Akhlak
Kelas/PROGAM :
XII IIK
Semester : Ganjil
KOMPETENSI INTI :
KI-1 :
KI-2 :
KI-3
:
KI-4
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
|
1.1.Menghayati
ajaran tarikat mu’tabarah di Indonesia
1.2.Menghayati nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari
-hari.
|
Memiliki sikap spiritual yang kuat dalam
berdzikir
Meyakini bahwa
nilai tasawuf sebagai sarana untuk membersihkan hati manusia
|
Tarikat dan Ajarannya
|
Membimbing
penghayatan pemahaman tarikat dan
mengamalkan
ajaran agama melalui beberapa ajaran tarikat
Membimbing
penghayatan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-hari.
|
Penilaian diri dan teman
|
6 x 45 menit
|
||
2.1.Meneladani nilai-nilai positif dari ajaran
tarikat mu’tabarah (Qadiriyah, Rifa’iyah, Syaziliyah, Maulawiyah, Syatariyah,
Naqsabandiyah dan Suhrawardiyah)
2.2.Membiasakan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Memiliki sikap peduli pada diri sendiri,
teman dan masyarakat
Mengaplikasikan
nilai-nilai tasawuf dalam kegiatan di sekolah
|
Tarikat dan Ajarannya
|
Membimbing pembiasaan
membaca tasbih, tahmid, tahlil, berdoa dan berdzikir
dalam kesehariannya.
Membimbing pembiasaan
bersikap syukur, tawakkal, sabar, dan qanaah.
|
Observasi
atau Catatan jurnal
|
|||
3.1.Menganalisis sejarah dan pokok-pokok ajaran
tarikat mu’tabarah (Qadiriyah, Rifa’iyah, Syaziliyah, Maulawiyah, Syatariyah,
Naqsabandiyah dan Suhrawardiyah).
3.2.Menganalisis problematika masyarakat modern, relevansi
dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern
|
Menjelaskan
sejarah dan pokok-pokok ajaran tarikat mu’tabaroh
1.
Menjelaskan
problematika masyarakat modern
2.
Menjelaskan
relevansi tasawuf dalam kehidupan modern.
3.
Menganalisis
peranan tasawuf dalam kehidupan modern
|
a.
Pengertian Tarekat Mu’tabaroh.
b. Sejarah Tarekat Mu’tabaroh dan tokoh-tokohnya
c.
Ajaran-ajaran Tarekat Mu’tabaroh.
a. Pengertian Tasawuf
b. Ciri-ciri Masyarakat Modern.
c. Problematika Masyarakat Modern.
d. Relevansi Tasawuf Pada Masyarakat Modern.
|
Guru
menjelaskan secara umum tentang Tarekat
Mu’tabaroh
Siswa dibagi
beberapa kelompok, setiap anggota membuat lampiran
yang berisi tentang sejarah, tokoh dan ajaran tarekat mu’tabaroh serta mengkajinya.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi bersama teman
sekelompoknya.
Guru
menjelaskan secara umum tentang Tasawuf
dan Masyarakat Modern.
Siswa dibagi
beberapa kelompok, setiap anggota membuat lampiran
yang berisi tentang tasawuf dan masyarakat modern
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi bersama teman
sekelompoknya.
|
· Pengumpulan informasi dari berbagai
sumber tentang
materi pembelajaran.
· Diskusi
kelompok.
· Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
· Observasi
Menilai
keaktifan siswa
dalam mengikuti
proses pembelajaran
dan diskusi di dalam kelas
atau saat mengerjakan
tugas.
·
Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan
kelompok tentang
materi pembelajaran
·
Tes
Tulis/Lisan Menilai proses dan hasil belajar
secara individu
tentang materi pembelajaran.
|
· Buku Pedoman Guru
Mapel Akhlak MA,
Kemenag RI,
2016
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA,
Kemenag RI,
2016
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya
yang relevan
· Media
cetak dan
elektronik sesuai
materi.
· Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
||
4.1.
Menceritakan sejarah tarikat mu’tabarah (Qadiriyah, Rifa’iyah,
Syaziliyah, Maulawiyah, Syatariyah, Naqsabandiyah dan Suhrawardiyah).
4.2.
Menceritakan problematika masyarakat modern, relevansi dan peranan
tasawuf dalam kehidupan modern
|
Mempraktekan problematika masyarakat modern
seperti gaya hidup dan kehidupan bermasyarakat
|
Sejarah Tarekat Mu’tabaroh.
Relevansi Tasawuf Pada Masyarakat Modern
|
Membimbing
siswa dalam menceritakan sejarah tarekat mu’tabaroh.
Membimbing
siswa dalam menceritakan problematika masyarakat modern dan
relevansinya terhadap masyarakat modern.
|
Penilaian
diri dan teman
|
|||
1.3.Menghayati nilai-nilai adab di masjid, adab membaca al
Qur’an, adab berdo’a, adab berpakaian dan berhias dan adab musafir menurut
syariat Islam
|
Adab Dalam Islam
|
Membimbing
penghayatan
mengamalkan
adab islamiyah dalam kehidupan sehari-hari
|
Penilaian
diri atau teman
|
||||
2.3.Membiasakan adab di masjid, adab membaca Al Qur’an,
adab berdo’a, adab berpakaian dan berhias dan adab musafir menurut syariat
Islam
|
Adab Dalam Islam
|
Membiasakan
beradab islamiyah dalam kehidupan
sehari-hari
|
Observasi
, catatan atau jurnal
|
||||
3.3.Menjelaskan adab di masjid, adab membaca al Qur’an,
adab berdo’a, adab berpakaian dan berhias dan adab musafir menurut syariat
Islam
|
·
|
·
Adab di Masjid
·
Adab Membaca al-Qur’an
·
Adab Berdoa
·
Adab Berpakaian
·
Adab Berhias
·
Adab Musafir
|
·
Mengamati gambar
yang terkait dengan adab islamiyah.
·
Menyimak penjelasan
singkat dari guru tentang adab islamiyah.
·
Memberi komentar
atau menanya terhadap gambar
yang terkait dengan adab islamiyah.
·
Guru mempersilahkan
siswa lain untuk menanggapai
pertanyaan temannya.
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan atau
tanggapan dari siswa.
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan tentang adab
islamiyah.
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang
adab islamiyah.
·
Merumuskan kembali
hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai adab
islamiyah.
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan dengan adab
islamiyah.
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan adab islamiyah.
·
Guru menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang materi
adab islamiyah.
|
Tugas:
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang materi kajian
·
Diskusi kelompok
·
Presentasi
Observasi
Melihat
buku siswa, media pembelajaran
film atau lainnya
Portofolio
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi
berkaitan tentang adab islamiyah
Tes
Tulis/Lisan
Guru menilai
proses dan hasil belajar individu tentang materi adab islamiyah
|
· Buku Pedoman Guru
Mapel Akhlak MA,
Kemenag RI,
2016
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA,
Kemenag RI,
2016
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya
yang relevan
· Media
cetak dan
elektronik sesuai
materi.
· Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
||
4.3.
Mendemonstrasikan adab di masjid, adab membaca Al Qur’an dan adab berdo’a
|
Adab Dalam Islam
|
Membimbing siswa untuk melafalkan doa-doa yang
berhubungan dengan kegiatan di masjid dan membaca al-Quran.
|
Penilaian Diri
Penilaian
Teman
Observasi
|
||||
1.4. Menyadari bahaya perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab,
fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya
|
Akhlak Tercela
|
Membimbing siswa untuk menyadari tentang bahaya akhlak
tercela
|
Penilaian Diri
Penilaian
Teman
|
||||
2.4.Menghindari perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab,
fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya
|
a.
|
b. Pengertian Dzalim dan macam-macamnya.
c. Pengertian Diskriminasi, jenis-jenis dan dampak
negatifnya.
d. Pengertian ghadab dan bentuk-bentuknya.
e. Pengertian fitnah, bentuk-bentuk dan cara
menghindarinya.
f. Pengertian namimah.
g. Pengertian ghibah
|
Membiasakan
berusaha diri menghindar dari perilaku Nifak dan keras hati
|
||||
3.4.Menganalisis perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab,
fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya
|
Akhlak Tercela
|
·
Mengamati gambar
yang terkait dengan perilaku akhlak tercela sesuai materi
pembelajaran.
·
Menyimak penjelasan
singkat dari guru tentang
pengantar akhlak tercela.
·
Memberi komentar
atau menanya terhadap gambar / film yang terkait dengan akhlak tercela.
·
Guru mempersilahkan
siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya.
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan dengan Akhlak tercela.
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang akhlak tercela.
·
Merumuskan kembali
hasil temuan dari beberapa
sumber belajar mengenai akhlak
tercela.
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan dengan akhlak tercela.
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan meruginya jika bersikap tercela.
·
Menyampaikan hasil
belajar atau hasil temuannya
tentang materi ini
|
Tugas:
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang materi kajian
·
Diskusi kelompok
·
Presentasi
Observasi
Melihat
media pembelajaran film atau
lainnya
Portofolio
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi
berkaitan tentang materi
pembelajaran.
Tes
Tulis/Lisan
Guru menilai
proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam Menghindari Akhlak
tercela
|
· Buku Pedoman Guru
Mapel Akhlak MA,
Kemenag RI,
2016
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA,
Kemenag RI,
2016
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya
yang relevan
· Media
cetak dan
elektronik sesuai
materi.
· Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
|||
4.4.
Menunjukkan contoh bahaya perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab, fitnah,
namimah dan ghibah serta cara menghindarinya
|
Akhlak Tercela
|
Membimbing siswa dalam menentukan bahaya perilaku
akhlak tercela.
|
|||||
1.5.Menyadari
bahaya perilaku tercela seperti yang dilakukan Qarun dan Kan’an
|
Kisah Orang Durhaka
|
Membimbing
siswa menghayati urgensi mengetahui kisah
Qarun dan Kan’an.
|
Penilaian Diri
Penilaian
Teman
|
||||
2.5.Menghindari perilaku tercela seperti yang dilakukan Qarun dan
Kan’an
|
Kisah Orang Durhaka
|
Membiasakan
beradab islami dan menghindari perilaku tercela sepeti Qarun dan
Kan’an
|
Penilaian Diri
Penilaian
Teman
|
||||
3.5.Menganalisis perilaku tercela Qarun dan Kan’an
|
Kisah Qarun dan Kan’an
|
·
Mengamati gambar
yang terkait dengan Kisah Qarun dan Kan’an.
·
Menyimak penjelasan
singkat dari guru tentang kisah Qarun dan Kan’an.
·
Memberi komentar
atau menanya terhadap gambar yang terkait .
·
Guru mempersilahkan
siswa lain untuk menanggapai komentar
atau pertanyaan temannya.
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan dengan kisah
akhlak tercela.
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang kisah akhlak tercela.
·
Merumuskan kembali
hasil temuan dari beberapa
sumber belajar tentang kiasah
akhlak tercela.
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan dengan kisah
akhlak tercela.
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan kisah akhlak tercela.
·
Menyampaikan hasil
belajar atau hasil temuannya
tentang materi ini
|
Tugas:
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang materi kajian.
·
Diskusi kelompok
·
Presentasi
Observasi
Melihat
media pembelajaran film atau
lainnya
Portofolio
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi
berkaitan dengan kisah akhlak tercela.
Tes
Tulis/Lisan
Guru menilai
proses dan hasil belajar individu tentang materi kisah akhlak tercela.
|
2
TM
(45
x 4)
|
· Buku Pedoman Guru
Mapel Akhlak MA,
Kemenag RI,
2016
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA,
Kemenag RI,
2016
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya
yang relevan
· Media
cetak dan
elektronik sesuai
materi.
· Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
||
4.5.
Menceritakan kisah Qarun dan
Kan’an
|
Kisah Qarun dan Kan’an
|
Membimbing untuk bercerita mengenai materi yang telah
disampaikan.
|
Lisan
|
0 Response to "Silabus Peminatan Akhlak Kelas XII"
Post a Comment
Silahkan komentar dengan baik