Silabus Peminatan Akhlak Kelas XII




Silabus Kurikulum 2013

Satuan Pendidikan    : Madrasah Aliyah MADARIJUL HUDA
Mata Pelajaran          : Akhlak
Kelas/PROGAM               : XII IIK
Semester                          : Ganjil


KOMPETENSI INTI :

KI-1  :
KI-2  :


KI-3 :



KI-4 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan,  menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.



Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.1.Menghayati ajaran tarikat mu’tabarah di Indonesia



1.2.Menghayati nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari -hari.

Memiliki sikap spiritual yang kuat dalam berdzikir



Meyakini bahwa nilai tasawuf sebagai sarana untuk membersihkan hati manusia
Tarikat dan Ajarannya
Membimbing penghayatan pemahaman tarikat dan
mengamalkan ajaran agama melalui beberapa ajaran tarikat


Membimbing penghayatan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian diri dan teman
6 x 45 menit







2.1.Meneladani nilai-nilai positif dari ajaran tarikat mu’tabarah (Qadiriyah, Rifa’iyah, Syaziliyah, Maulawiyah, Syatariyah, Naqsabandiyah dan Suhrawardiyah)

2.2.Membiasakan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-hari.


Memiliki sikap peduli pada diri sendiri, teman dan masyarakat









Mengaplikasikan nilai-nilai tasawuf dalam kegiatan di sekolah
Tarikat dan Ajarannya
Membimbing pembiasaan membaca tasbih, tahmid, tahlil, berdoa dan berdzikir dalam kesehariannya.











Membimbing pembiasaan bersikap syukur, tawakkal, sabar, dan qanaah.
Observasi atau Catatan jurnal


3.1.Menganalisis sejarah dan pokok-pokok ajaran tarikat mu’tabarah (Qadiriyah, Rifa’iyah, Syaziliyah, Maulawiyah, Syatariyah, Naqsabandiyah dan Suhrawardiyah).








3.2.Menganalisis problematika masyarakat modern, relevansi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern

Menjelaskan sejarah dan pokok-pokok ajaran tarikat mu’tabaroh
















1.    Menjelaskan problematika masyarakat modern
2.    Menjelaskan relevansi tasawuf dalam kehidupan modern.
3.    Menganalisis peranan tasawuf dalam kehidupan modern

a.   Pengertian Tarekat Mu’tabaroh.
b.  Sejarah Tarekat Mu’tabaroh dan tokoh-tokohnya
c.   Ajaran-ajaran Tarekat Mu’tabaroh.









a.    Pengertian Tasawuf
b.    Ciri-ciri Masyarakat Modern.
c.    Problematika Masyarakat Modern.
d.   Relevansi Tasawuf Pada Masyarakat Modern.
Guru menjelaskan secara umum tentang Tarekat Mu’tabaroh

Siswa dibagi beberapa kelompok, setiap anggota membuat lampiran yang berisi tentang sejarah, tokoh dan ajaran tarekat mu’tabaroh serta mengkajinya.

Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi bersama teman sekelompoknya.

Guru menjelaskan secara umum tentang Tasawuf dan Masyarakat Modern.

Siswa dibagi beberapa kelompok, setiap anggota membuat lampiran yang berisi tentang tasawuf dan masyarakat modern

Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi bersama teman sekelompoknya.

·      Pengumpulan informasi dari berbagai sumber tentang materi pembelajaran.
·      Diskusi kelompok.
·      Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
·      Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan diskusi di dalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
·      Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan kelompok tentang materi pembelajaran
·      Tes Tulis/Lisan Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang materi pembelajaran.

·      Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·      Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·      Al-Qur’an dan Terjamahanya
·      Buku penunjang lainnya yang relevan
·      Media cetak dan elektronik sesuai materi.
·      Lingkungan sekitar yang mendukung
4.1.  Menceritakan sejarah tarikat mu’tabarah (Qadiriyah, Rifa’iyah, Syaziliyah, Maulawiyah, Syatariyah, Naqsabandiyah dan Suhrawardiyah).

4.2.  Menceritakan problematika masyarakat modern, relevansi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern













Mempraktekan problematika masyarakat modern seperti gaya hidup dan kehidupan bermasyarakat
Sejarah Tarekat Mu’tabaroh.



Relevansi Tasawuf Pada Masyarakat Modern
Membimbing siswa dalam menceritakan sejarah tarekat mu’tabaroh.


Membimbing siswa dalam menceritakan problematika masyarakat modern dan relevansinya terhadap masyarakat modern.
Penilaian diri dan teman


1.3.Menghayati nilai-nilai adab di masjid, adab membaca al Qur’an, adab berdo’a, adab berpakaian dan berhias dan adab musafir menurut syariat Islam


Adab Dalam Islam
Membimbing penghayatan
mengamalkan adab islamiyah dalam kehidupan sehari-hari
Penilaian diri atau teman


2.3.Membiasakan adab di masjid, adab membaca Al Qur’an, adab berdo’a, adab berpakaian dan berhias dan adab musafir menurut syariat Islam


Adab Dalam Islam
Membiasakan beradab islamiyah dalam kehidupan sehari-hari
Observasi , catatan atau jurnal


3.3.Menjelaskan adab di masjid, adab membaca al Qur’an, adab berdo’a, adab berpakaian dan berhias dan adab musafir menurut syariat Islam
·       
·      Adab di Masjid
·      Adab Membaca al-Qur’an
·      Adab Berdoa
·      Adab Berpakaian
·      Adab Berhias
·      Adab Musafir
·      Mengamati gambar yang terkait dengan adab islamiyah.
·      Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang adab islamiyah.
·      Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang terkait dengan adab islamiyah.
·      Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya.
·      Guru memberi tanggapan atas pertanyaan atau tanggapan dari siswa.
·      Menentukan sumber informasi berkaitan tentang adab islamiyah.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber  termasuk media cetak dan elektronik tentang adab islamiyah.
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai adab islamiyah.
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan adab islamiyah.
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan adab islamiyah.
·      Guru menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang materi adab islamiyah.
Tugas:
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang materi kajian
·      Diskusi kelompok
·      Presentasi

Observasi
Melihat buku siswa, media pembelajaran film atau lainnya

Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang adab islamiyah

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi adab islamiyah


·      Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·      Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·      Al-Qur’an dan Terjamahanya
·      Buku penunjang lainnya yang relevan
·      Media cetak dan elektronik sesuai materi.
·      Lingkungan sekitar yang mendukung
4.3.  Mendemonstrasikan adab di masjid, adab membaca Al Qur’an dan adab berdo’a


Adab Dalam Islam
Membimbing siswa untuk melafalkan doa-doa yang berhubungan dengan kegiatan di masjid dan membaca al-Quran.
Penilaian Diri
Penilaian Teman
Observasi


1.4.  Menyadari bahaya perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab, fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya


Akhlak Tercela
Membimbing siswa untuk menyadari tentang bahaya akhlak tercela
Penilaian Diri
Penilaian Teman



2.4.Menghindari perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab, fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya
a.     
b.    Pengertian Dzalim dan macam-macamnya.
c.    Pengertian Diskriminasi, jenis-jenis dan dampak negatifnya.
d.   Pengertian ghadab dan bentuk-bentuknya.
e.    Pengertian fitnah, bentuk-bentuk dan cara menghindarinya.
f.     Pengertian namimah.
g.    Pengertian ghibah
Membiasakan berusaha diri menghindar dari perilaku Nifak dan keras hati



3.4.Menganalisis perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab, fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya

Akhlak Tercela
·      Mengamati gambar yang terkait dengan perilaku akhlak tercela sesuai materi pembelajaran.
·      Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang pengantar akhlak tercela.
·      Memberi komentar atau menanya terhadap gambar  / film yang terkait  dengan akhlak tercela.
·      Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya.
·      Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Akhlak tercela.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang akhlak tercela.
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai akhlak tercela.
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan akhlak tercela.
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan meruginya jika bersikap tercela.
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang materi ini
Tugas:
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang materi kajian
·      Diskusi kelompok
·      Presentasi

Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya

Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang materi pembelajaran.

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam Menghindari Akhlak tercela


·      Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·      Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·      Al-Qur’an dan Terjamahanya
·      Buku penunjang lainnya yang relevan
·      Media cetak dan elektronik sesuai materi.
·      Lingkungan sekitar yang mendukung
4.4.  Menunjukkan contoh bahaya perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab, fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya


Akhlak Tercela
Membimbing siswa dalam menentukan bahaya perilaku akhlak tercela.



1.5.Menyadari bahaya perilaku tercela seperti yang dilakukan Qarun dan Kan’an


Kisah Orang Durhaka
Membimbing siswa menghayati urgensi mengetahui kisah Qarun dan Kan’an.
Penilaian Diri
Penilaian Teman


2.5.Menghindari perilaku tercela seperti yang dilakukan Qarun dan Kan’an


Kisah Orang Durhaka
Membiasakan beradab islami dan menghindari perilaku tercela sepeti Qarun dan Kan’an
Penilaian Diri
Penilaian Teman



3.5.Menganalisis perilaku tercela Qarun dan Kan’an

Kisah Qarun dan Kan’an

·      Mengamati gambar yang terkait dengan Kisah Qarun dan Kan’an.
·      Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang kisah Qarun dan Kan’an.
·      Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang terkait .
·      Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai komentar atau pertanyaan temannya.
·      Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan kisah akhlak tercela.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber  termasuk media cetak dan elektronik tentang kisah akhlak tercela.
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang kiasah akhlak tercela.
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan kisah akhlak tercela.
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan kisah akhlak tercela.
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang materi ini
Tugas:
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang materi kajian.
·      Diskusi kelompok
·      Presentasi

Observasi
Melihat media pembelajaran film atau lainnya

Portofolio
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan dengan kisah akhlak tercela.

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi kisah akhlak tercela.
2 TM
(45 x 4)

·      Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·      Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016
·      Al-Qur’an dan Terjamahanya
·      Buku penunjang lainnya yang relevan
·      Media cetak dan elektronik sesuai materi.
·      Lingkungan sekitar yang mendukung
4.5.  Menceritakan kisah Qarun dan Kan’an


Kisah Qarun dan Kan’an

Membimbing untuk bercerita mengenai materi yang telah disampaikan.
Lisan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Peminatan Akhlak Kelas XII"

Post a Comment

Silahkan komentar dengan baik