1.
Hasil Belajar
Suharsimi
Arikunto ( 1990:133) mengatakan bahwa “hasil belajar adalah hasil akhir setelah
mengalami proses belajar, perubahan itu tampak dalam perbuatan yang dapat
diamati, dan dapat diukur”.
Hasil belajar adalah bila seorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku
pada orang tersebut, misalnya dari tidak mengerti menjadi mengerti dan
sebagainya.
a.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Hasil Belajar
1. Faktor Intern
Faktor
Intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri, Adapun
yang dapat digolongkan kedalam intern yaitu kecerdasa atau intelegensi, bakat,
minat, motivasi.
2. Faktor Ekstern
Faktor
Ekstern yang dapat mempengaruhi belajar adalah “keadaan keluarga, keadaan
sekolah, dan keadaan lingkungan masyarakat”.
Hasil
merupakan kecakapan langsung yang dapat diukur dengan tes. Tinggi rendahnya
hasil belajar yang dicapai dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya model
belajar. Yang dimaksud dengan hasil belajar dalam penenelitian ini adalah hasil usaha belajar PAI berupa aspek kognitif yang diukur melalui soal ulangan.
Tes
menurut Margono (2004) merupakan seperangkat rangsangan (stimulus) yang
diberikan kepada seseorang dengan maksud untuk mendapat jawaban yang dapat
dijadikan dasar bagi penetapan skor angka. Sedangkan soal adalah alat pengumpul
informasi tertentu yang jika dibandingkan dengan alat-alat lain, soal lebih
resmi karena penuh dengan batasan-batasan. Oleh karna itu, soal harus memenuhi
aturan, persyaratan kelayakan dan pengambilan skor tertentu. Jadi soal
merupakan penilaian akhir dari status masing-masing siswa telah menyelesaikan
sebagian atau keseluruhan program pengajar.
Dalam buku
terbitan Depdiknas 2003 menyebutkan bahwa ciri-ciri hasil belajar adalah :
a. Adanya kemampuan siswa untuk
mengingat kembali informasi atau materi yang telah dipelajari,
b. Adanya kemampuan siswa yang nampak
dalam ketrampilan mengelompokkan, menyajikan dan menafsirkan data,
c. Adanya kemampuan siswa untuk
menghasilkan suatu nilai dari materi pelajaran berdasarkan kriteria nyata,
jelas dan obyektif.
d. Kriteria ketuntasan minimal ( KKM )Tahun pelajaran 2014/2015.
e.
Seorang Siswa bisa dikatakan memenuhi setandar kelulusan pada suatu
pelajaran apabila mendapatkan:
No
|
Kualifikasi
|
Nilai
|
1
|
Sangat Baik
|
80- 100
|
2
|
Baik
|
70- 79
|
3
|
Cukup
|
60- 69
|
(Buku pedoman FKIP UNUD, 1983: 1)
Mencermati
uraian tersebut maka ciri-ciri hasil belajar terwujud dalam ranah kognitif,
efektif, psikomotor serta kreativitas pada diri serta wajar tanpa tekanan orang
lain.
0 Response to "Ciri ciri Hasil Belajar Siswa"
Post a Comment
Silahkan komentar dengan baik